Advertising

5 Karya Terbaik Gitaris Ritchie Blackmore

Ritchie Blackmore


Bagi yang menyukai musik rock era tahun 1970-an, tentu tidak asing dengan Ritchie Blackmore. Gitaris ternama yang dikenal akan karya-karya musik rock-nya. Berbagai karya terbaik gitaris Ritchie Blackmore tersebut telah membawa namanya sebagai sosok gitaris legendaris dunia. 

Sekilas Tentang Ritchie Blackmore

Bernama lengkap Richard Hugh Blackmore, pria yang diakui sebagai salah satu gitaris terbaik dan berpengaruh ini lahir pada 14 April 1945. Ritchie Blackmore juga termasuk pendiri Deep Purple pada tahun 1968. Deep Purple sendiri merupakan band rock legendaris dari Inggris. 

Ritchie Blackmore mengawali karirnya di industri musik sejak tahun 1960. Dalam bermusik, Blackmore tidak hanya tergabung dengan Deep Purple saja, tapi juga Rainbow dan Blackmore’s Night. 

Sepanjang karirnya, Ritchie Blackmores bersama timnya sukses meraih era kejayaan Deep Purple melalui album IN ROCK (1970). Namun, Ritchie memutuskan hengkang dari band pada tahun 1975, lalu bergabung lagi pada 1984 hingga akhirnya keluar Kembali pada tahun 1993. 

Karya Terbaik Gitaris Ritchie Blackmore 

Dikenal sebagai gitaris terbaik di dunia, tentu sudah banyak prestasi yang diraih oleh Ritchie Blackmore dari berbagai karyanya. Berikut sejumlah karya terbaik gitaris Ritchie Blackmore tersebut. 

1. Album Stormbringer

Salah satu karya terbaik gitaris Ritchie Blackmore bersama Deep Purple, yakni dari album Stormbringer. Album tersebut berhasil mencetak sederet prestasi membanggakan seperti berpredikat Gold di US, UK, Perancis, dan Swedia. 

Selain itu, album ini juga tembus peringkat 20 di US Billboard Albums Chart dan menduduki peringkat top 10 di beberapa negara. Misalnya, urutan kedua di Norwegia, serta peringkat keenam di UK dan Denmark. 

2. Album Smoke on the Water

Rilis pada tahun 1998, album ini merupakan karya kompilasi dari Deep Purple yang berhasil melambungkan nama band tersebut sekaligus sang gitarisnya. Banyak yang mengatakan jika permainan gitar Ritchie Blackmore yang sebenarnya mulai muncul pada album ini. 

Sayangnya, album ini turut menyisakan kisah tragis yang mana terjadi kebakaran saat pertunjukkan Frank Zappa & The Mothers of Invention. Hal ini pun membuat popularitas Smoke on the Water cukup redup dan ditambah adanya masalah internal pula. 

Single yang populer dari album ini, yaitu Some on the Water itu sendiri. Selain itu, ada beberapa single lainnya seperti Knocking at Your Back Door, Nobody’s Home, dan Hush. 

3. Lagu Highway Star

Highway Star termasuk karya Ritchie Blackmore bersama Deep Purple yang hits dalam album Machine Head. Untuk albumnya sendiri pertama kali rilis pada tahun 1972. Menariknya, single ini termasuk lagu yang bertempo cepat dalam album tersebut. 

Di sisi lain, kepiawaian Blackmore dalam memainkan instrumen gitar juga tampak begitu menonjol dalam single tersebut. Apalagi ketika lagu tersebut ditampilkan dalam live version pada tahun 1972 melalui album Made in Japan. 

Sebuah majalah ternama nan legendaris The Guardian, bahkan mengungkap bahwa permainan gitar Blackmore seperti sebuah kekuatan alam dalam versi album Made in Japan. 

Penutup

Selama karirnya, Ritchie Blackmore memang sukses menghadirkan karya musik yang khas dari setiap petikan gitar yang dimainkan. Namun, perjalanan musik Blackmore tak semulus rangkaian melodi rock yang diciptakan. 

Tercatat bolak-balik keluar dan masuk dari Deep Purple, seolah menunjukkan kesuksesan band tersebut tak mutlak membuat tiap personilnya menetap. 

Baca juga: Karya Terbaik Gitaris Michael Schenker di Dunia Musik

Itulah rangkaian informasi mengenai karya terbaik gitaris Ritchie Blackmore yang dapat menambah wawasan, terutama di industri musik rock maupun metal rock.

Posting Komentar

0 Komentar
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin

Ads