Advertising

Karya Terbaik Gitaris Frank Zappa, Bebas dan Penuh Inovasi

Frank Zappa


Meniti karir hanya dalam musik seakan tak cukup bagi Frank Zappa. Karya terbaik gitaris Frank Zappa tidak hanya berupa lagu, namun masih banyak lainnya. Berhasil menciptakan lebih dari 60 album, nyatanya ia juga aktif sebagai seorang composer, juga sutradara film pada masanya.

Ia dikenal sebagai musisi yang suka menyuarakan kebebasan dan tipe manusia yang tidak paham apa itu batasan, sehingga inovasi selalu muncul dalam benaknya. Meski hidupnya terdedikasi untuk rock, namun dirinya tetap mampu menerima berbagai aliran musik dan menjadi nilai plus.

Frank Zappa di Usia Muda

Frank terlahir dengan nama Frank Vincent Zappa pada tanggal 21 Desember 1940. Dunia musik tidak langsung membawa Frank pada band yang menaunginya, yakni The Mothers of Invention. Sebelumnya ia membentuk The Blackouts, namun bubar begitu saja akibat perbedaan budaya.

Lalu tahun 1960, karya terbaik gitaris Frank Zappa tertuang dalam band yang membesarkan namanya tersebut. Berkat bergabung dalam band tersebut, dirinya berhasil menciptakan lagu pada tujuh album, hingga akhirnya memilih berdiri sendiri di bawah namanya, Frank Zappa.

Album Terbaik Ciptaan Frank Zappa

Menjadi orang yang serba bisa dalam segala hal, sepertinya tidak cukup menjadi pernyataan yang mendefinisikan Frank Zappa. Untuk itu berikut deretan album ataupun lagu ternama miliknya.

1. Hot Rats

Hot Rats bisa dikatakan sebagai karya terbaik gitaris Frank Zappa karena banyak diminati oleh fans setianya. Album ini merupakan album solo yang berhasil dirampungkan Zappa setelah band musiknya dinyatakan bubar, sehingga album ini tidak ada kaitannya dengan band The Mothers.

Ciri utama album kedua Zappa ini adalah identik dengan nuansa musik jazz dan musik yang tenang. Setiap lagu di dalamnya pun seakan menggambarkan cerita dan menambah adanya film dalam sebuah lagu. Bagian akhir lagu pun dibuat lebih berwarna dan tidak akan membuat bosan.

2. Freak Out!

Tidak hanya sukses sebagai solois, dalam grup pun, Zappa tetap dapat bersinar dengan caranya sendiri dan album Freak Out! menjadi bukti kesuksesan tersebut. Album ini menjadi tanda debut The Mother of Invention sebagai suatu grup musik dan melejit di tahun 1966 ketika album rilis.

Berbeda dengan Hot Rats yang kental akan jaz, Freak Out! justru bernuansa rock, serta musik yang keras khas Amerika. Lagunya dalam album ini berisi kecaman Zappa terhadap pemerintah Amerika yang seakan membatasi kebebasan individu dan itu sangat mengganggu kesenangannya.

3. Lagu ‘Bobby Brown’

Album Zappa memang tidak akan mengecewakan, namun siapa sangka bahwa lagunya pun juga sama, tidak mengecewakan pula. Salah satu yang menjadi kecintaan banyak penyuka musiknya adalah ‘Bobby Brown’. Dan bisa dikatakan lirik lagu ini cukup bebas dan berisi kecaman Zappa.

Ia mengecam tentang bagaimana dibatasinya perempuan dan dirinya menuangkan pada lirik ‘Bobby Brown’. Melalui lagu tersebut, ia juga seolah menyampaikan ketidak senangannya terhadap pemerintahan Amerika yang sama sekali tidak mencerminkan hak asasi manusia.

Itu tadi ketiga karya terbaik gitaris Frank Zappa yang penuh akan rasa ingin bebas dan sindiran pada Amerika Serikat. Akibat gayanya yang demikian, pemerintah sempat memperketat peraturan mengenai kebebasan untuk berpendapat karena merasa terancam akan karya Zappa.

Baca juga: Ini Dia Daftar Karya Terbaik Gitaris Stevie Ray Vaughan

Namun berkat kegigihannya, pemerintah tetap tidak bisa berkutik dan justru negara lain yang mendedikasikan Frank Zappa sebagai sosok pemberani. Mengingat kebebasan manusia, terutama kebebasan bagi individu adalah yang terpenting baginya dan menjadikan Zappa sebagai aktivis.

Posting Komentar

0 Komentar
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin

Ads